Mengenal Kayu Gaharu Pohon Emas

Mengenal Kayu Gaharu Pohon Emas...

Mengenal Kayu Gaharu Pohon Emas
Mungkin anda pernah mendengar sebutan pohon gaharu, jika anda pernah mendengar tentang pohon ini pasti anda tahu harga jual pohon ini. Pohon gaharu merupakan pohon termahal di dunia bahkan saking mahalnya harga jual pohon ini orang menyebut pohon gaharu sebagai pohon emas permata, mahalnya pohon gaharu menjadi incaran banyak orang untuk berinvestasi pada pohon jenis gaharu ini, mereka yang mempunyai informasi tentang pohon gaharu mulai mencari bibit dan menanamnya dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi penanamn pohon ini.

Baca Juga Manfaat Minyak Gaharu.
Gambar bibit pohon gaharu
bibit kayu gaharu
Kayu gaharu bisa mahal harganya karena kayu gaharu sangat jarang, selain itu kayu gaharu memiliki banyak manfaat yang baik bagi manusia. kayu gaharu Selain dijadikan bahan parfum atau accessories,juga bisa dapat dijadikan sebagai obat untuk terapi penyakit, Aroma yang has dari gubal kayu gaharu sering dijadikan minyak yang berfungsi untuk antidepresi, dan memiliki aroma yang wangi, tanaman gaharu bisa tumbuh hingga puluhan meter,dengan diameter rata rata adalah 40-60 cm.
Hutan Pohon Gaharu
kebun gaharu
Kayu gaharu termahal di indonesia dan yang sudah diakui di kancah internasional adalah gaharu yang berasal dari papua dan pedalaman merauke, harga kayu gaharu asli papua ini dibilang mahal dibandingkan dengan kayu gaharu yang berasal dari negara lain seperti gaharu malaysia, gaharu thailand , gaharu vietnam dan gaharu india. Gaharu termahal di Indonesia bisa kita temukan di merauke karena bau yang has dan menyengat membuat gaharu yang berasal dari tempat ini menjadi gaharu termahal dunia, bau yang menyengat bisa di sebabkan dari umur kayu gaharu yang sudah ratusan tahun sehingga pembentukan gubal gaharu menjadi matang.
Contoh Pohon Gaharu
contoh kayu gaharu
Merauke merupakan tempat dimana gaharu termahal berada dan menduduki kelas pertama, sedangkan kelas keduanya adalah gaharu dari borneo, dan kebanyakan orang menyebut gaharu kalimantan, tentu jenis gaharu ini adalah jenis gaharu yang sudah di akui di duniadan tentunya dengan jenis gaharu yang direkomendasikan oleh buyer dunia bukan gaharu jenis buaya, tapi dengan catatan bahwa meski gaharu kalimantan ataupun merauke, jika kualitas kayunya jelek ya tetap saja harganya murah di pasaran.

Gaharu yang sudah tua akan menghasilkan gubal, dan secara alaminya gubal ini akan terbentuk setelah umur kayu 25 tahun ke atas, dan terinfeksi mikroba jenis fusarium sp, gubal inilah yang menentukan tinggi besarnya harga jual kayu ini, namun menunggu 25 tahun sangatlah lama
sehingga ada solusi mempercepat proses pembentukan gubal pada kayu gaharu lebih cepat dan bisa dalam waktu 5 tahun saja dengan caramenyuntik mikroba ke dalam batang pohon gaharu yang berumur lebih dari 5 tahun, dan akan menghasilkan gubal dengna jenis yang berbeda, jenis gubal gaharu memiliki ragam sehingga harganyapun berbeda beda, seperti gubal super, sedabg dan buruk.

  • Gubal kayu gaharu super ciri cirinya Warna hitam merata, wangi dan aroma yang ditimbulkan kuat.
  • Gubal kayu gaharu super ab ciri cirinya warna hitam kecokelatan, cukup wangi, aroma yang ditimbulkan kuat.
  • Gubal kayu gaharu sabah super ciri cirinya warna hitam kecokelatan, wangi sedang dengan aroma yang ditimbulkan agak kuat.
  • Gubal kayu gaharu kelas c ciri cirinya warna hitam dengan banyak garis putih dengan kepingan tipis dan cenderung rapuh.
Selain gubal dari kayu gaharu yang harganya fantastis, masih terdapat hal lain dari kayu gaharu yang mempunyai nilai jual tak kalah menarik yaitu kemedangannya, harga kemedangannya tergantung kualitas juga diantanranya:
  • Tanggung a ciri cirinya adalah warna cokelat kehitaman, wangi dengan aroma yang kuat
  • Sabah 1 ciri cirinya adalah warna cokelat bergaris putih tipis, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
  • Tanggung ab ciri cirinya adalah warna cokelat bergaris putih agak tebal, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
  • Tanggung c ciri cirinya adalah warna kecokelatan bergaris putih agak tebal, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
  • Kemedangan 1 ciri cirinya adalah warna kecokelatan bergaris putih agak lebih tebal, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
  • Kemedangan 2 ciri cirinya adalah warna keabu - abuan bergaris hitam yang tipis, wanginya kurang, dengan aroma yang kurang kuat juga.
  • Kemedangan 3 ciri cirinya adalah warna putih keabu - abuan, wanginya kurang harum, dan aroma kurang kuat juga.
  • Abu dan sisa ciri cirinya adalah merupakan potongan atau hasil terakhir pengolahan dari kayu gaharu ini.
Infestasi dengan menanam kayu gaharu sangat menguntungkan dan menggiurkan tetapi tetap kembali pada tingkat dan cara perawatan tanaman kayu gaharu tersebut.

 Cek Lainnya Berhubungan Mengenal Kayu Gaharu Pohon Emas
*pohon gaharu
*gaharu
*kayu gaharu
*harga kayu gaharu
*harga pohon gaharu
*kayu garu
*tanaman gaharu
*harga gaharu
*budidaya gaharu
*bibit gaharu
*gaharu super
*budidaya kayu gaharu
*pembeli kayu gaharu
*harga bibit gaharu
*kayu gaharu harga
*budidaya pohon gaharu
*daftar harga kayu gaharu
*jual kayu gaharu
*pembeli gaharu
*kayu gaharu super
*harga gaharu super
*harga bibit pohon gaharu
*bibit pohon gaharu
*harga kayu gaharu per kg
*jual bibit gaharu
*pohon gaharu harga
*harga kayu gaharu 2020
*harga gaharu terkini
*bibit kayu gaharu
*minyak gaharu

Silahkan Copy dan Paste Artikel Yang anda butuhkan dari sebagain atau keseluruhan isi blog ini dan buat menjadi konten berkualitas di blog anda, namun jika anda peduli dan menghargai hasil karya orang lain silahkan sertakan link sumbernya atau bagikan melalui tombol bagikan di atas

Jika Merasa Artikel Dongkrak Rezeki Bermanfaat, daripada bolak balik buka blog ini lebih epektif dengan Langganan Gratis Via Email :