Mudahnya Membuat Pakan Ikan Karnivora

Mudahnya Membuat Pakan Ikan Karnivora...
Banyaknya pengusaha yang menggantungkan hidupnya dari usaha ternak ikan membuat para pengusaha pakan ikan memutar otak untuk menghasilkan pakan dengan harga murah tetapi kualitas bagus, pakan ikan  yang sudah beredar di pasaran yang harganya standar di manipulasi dengan kandungan gizinya dan menghasilkan pakan yang jauh lebih terjangkau oleh para peternak tetapi dengan kualitas yang bagus bagi pertumbuhan ikan. Keberhasilan para peternak ikan sebagian besar ditentukan oleh pakan yang diberikan kepada ikan, dan sekaligus harga menjadi kunci utama keberhasilan ternak, karena dengan harga pakan yang mahal akan membuat kewalahan para peternak dengan di bandingkan hasil panen.
Ikan Viranha
Gambar Ikan Piranha
Para peternak ikan banyak kita temui di beberapa daerah di Indonesia, mulai dari ikan konsumsi sampai ke ikan hias, dengan tujuan peternakan adalah menyediakan pasokan ikan kepada konsumen, semakin cepat pertumbuhan ikan maka akan semakin cepat pula perputaran modal dan ahirnya uangpun akan semakin cepat di dapatkan. Peternak yang manggunakan pakan toko saja akan merasa kewalahan dan akan mendapatkan hasil rupiah lebih sedikit dibandingkan dengan peternak yang memberi pakan ikannya dengan pakan alami yang harga beli nya tidak terlalu mahal.
Ikan Lele
Gambar Ikan Lele
Kunci dalam melakukan usaha ternak ikan adalah seberapa lihai kita mengolah pengeluaran untuk membeli pakan ikan tersebut, dan perawatan terhadap tambak atau kolam yang digunakan. dari sekian banyak peternak ikan di Indonesia, yang lebih mudah dalam hal perawatan dan pemberian pakan adalah ikan karnivora atau ikan pemakan daging, yakni kita tinggal mencari bangkai ayam yang akan banyak kita temukan dari peternak ayam broiler atau penjual ayam, cara ini memang epektif menghemat keuangan dalam hal pakan tetapi jika kita sedang sibuk maka ikan kita bis bisa tidak akan mendapatkan makanan, karena kita tidak sempat mencari bangkai untuk pakan ikan.

Menggunakan pakan ikan karnivora seprti di atas masih terdapat kekurangannya, yakni waktu kita harus selalu ada dalam setiap harinya untuk mencari bahan pakan, walaupun hanya beberapa jam dalam sehari, karena kadang kita tidak selalu ada waktu. Hal yang lebih epektif dalam memberi pakan ikan karnivora adalah dengan membuat sumber makanan untuk ikan tersebut, caranya sangat gampang dan mampu bertahan sampai 1 minggu, dan dalam waktu satu minggu kita tinggal diam dan menyaksikan ikan makan makanan yang kita sediakan. Cara membuat pakan bagi ikan karnipora adalah dengan cara:

Siapkan bahan yang diperlukan seperti:
  1. Karung atau kotak kayu
  2. Hampas tahu
  3. Paku
  4. Telur Busuk
  5. Sisa makan busuk
  6. Ikan Busuk dan sebagainya.
Cara pembuatan pakan:
  1. Masukan hampas tahu, telur busuk dan bahan lainnya ke dalam karung,
  2. Aduk rata bahan di dalam karung
  3. Lubangi bagian bawah dan pinggir karung menggunakan paku
  4. Gantungkan di setiap kolam ikan karnivora kita, satu kolam bisa 1 sampai 5 karung tergantung banyaknya ikan.
  5. Diamkan 3-4 hari,dan
  6. Setelah hari ke 4 atau 5 karung akan mengeluarkan belatung yang berjatuhan ke kolam melalui lubang yang kita buat dari paku,
  7. Pakan sudah siap dan akan bertahan 1-2 minggu tergantung banyaknya bahan dan kandungan air dalam karung.
Mudah kan, selamat mencoba bagi para peternak ikan karnivora, dan selamat bersantai dalam hal memberi pakan ikannya.

Silahkan Copy dan Paste Artikel Yang anda butuhkan dari sebagain atau keseluruhan isi blog ini dan buat menjadi konten berkualitas di blog anda, namun jika anda peduli dan menghargai hasil karya orang lain silahkan sertakan link sumbernya atau bagikan melalui tombol bagikan di atas

Jika Merasa Artikel Dongkrak Rezeki Bermanfaat, daripada bolak balik buka blog ini lebih epektif dengan Langganan Gratis Via Email :